Sabtu, 04 Mei 2013

MATERI IPS kelas 3 SD "PEKERJAAN"

Materi : IPS Kelas 3 SD


BAB I
PEKERJAAN
Standar Kompetensi
2.Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
Kegiatan Pembelajaran 1
                 Ringkasan Materi
A.Jenis Kebutuhan Manusia
            Kebutuhan manusia banyak jenisnya.Kita memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidup.Kita harus sekolah supaya pintar.Ayah memerlukan sepeda motor untuk berangkat dan pulang kerja.Petani memerlukan pupuk untuk menyuburkan tanamannya.Dan masihbanyak lagi jenis kebutuhan manusia.

1.Kebutuhan Pokok
            Kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang.Kebutuhan pokok manusia antara lain makanan,pakaian,dan tempat tinggal.Kita memerlukan makanan sebagai sumber kekuatan tubuh,sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan.Kita memerlukan pakaian untuk melindungi tubuh dari debu,cuaca panas,maupun cuaca dingin.Selain itu,kita butuh tempat tinggal untuk berteduh.Tempat tinggal juga dapat melindungi kita dari binatang buas.
            Jika salah satu atau lebih kebutuhan pokok tersebut tidak dipenuhi,maka akan terjadi ketimpangan.Coba bayangkan jika kita tidak makan dan minum.Kita akan merasa lapar dan haus.Lama-kelamaan tubuh menjadi lemas.Jika tidak memakai pakaian,kita akan mudah sakit karena sering kepanasan atau kedinginan.Kita juga akan merasa malu.Jika kita tidak memiliki tempat tinggal,kita akan kepanasan setiap kali matahari menyengat,atau kehujanan setiap kali turun hujan.
2.Kebutuhan  Tambahan
            Kebutuhan tambahan merupakan kebutuhan yang dipenuhi untuk melengkapi kebutuhan hidup.Kebutuhan tambahan diperlukan setelah kebutuhan pokok dapat terpenuhi.Contoh kebutuhan tambahan antara lain sebagai berikut.
a.      Pendidikan
            Pendidikan wajib adalah Sembilan tahun,yaitu enam tahun SD dan tiga tahun SMP.Setelah itu dapat melanjutkan ke SMA dan perguruan tinggi.Pendidikan diperlukan supaya pandai.Seingga dapat meajukan bangsa dan Negara.
b.      Transportasi
            Transportasi merupakan alat untuk menghubungkan tempat satu dengan tempat yang lain.Alat transportasi berguna untuk memudahkan kita mencapai suatu tempat.Contoh sepeda,rakit,mobil,pesawat terbang dan kereta api.
c.       Barang elektronik
            Contoh barang elektronik antara   lain televisi,kulkas,radio,handphone,dan lain-lain.Barang elektronik hanya sebagai pelengkap saja.Tidak semua harus terpenuhi.
Untuk memenuhi semua kebutuhan diatas,manusia harus bekerja.Dengan bekerja,manusia dapat menghasilkan uang yang digunakan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan.
Kegiatan Pembelajaran 2
                 Ringkasan Materi
B.Jenis-Jenis Pekerjaan
            Manusia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Dengan bekerja,dapat menghasilkan uang,.Uang tersebut untuk membeli barang-barang kebutuhan dan membiayai pendidikan.
Jenis-jenis pekerjaan ada dua yaitu pekerjaan yang menghasilkan barnag dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.
1.      Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
            Barang-barang yang kita butuhkan merupakan hasil dari pekrjaan.beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lainpetani,nelayan,tukang kayu,penjahit,dan peternak.Petani bekerja disawah dengan menanam padi,sayur-sayuran dan buah-buahan.Hasil pekerjaannya antara lain beras,sayur-sayuran,dan lain-lain.Hasil tersebut kemudian dijual untuk mendapatkan uang dan sebagaian dikonsumsi sendiri.
            Nelayan menagkap ikan dilaut atau sungai.Kemudian hasilnya dijual untuk mendapatkan uang.Penjahit membuat pakaian.Penjahit akan memperoleh upah setelah jahitan selesai.
2.      Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa
            Pekerjaan tidak hanya menghasilkan barang tetapi dapat menghasilkan jasa.Misalnya guru,dokter,pilot,dan tukang cukur.Guru memberikan ilmu.Dokter mengobati pasien yang sakit.Pilot menerbangkan pesawat terbang,sedangkan tukang cukur mencukur rambut.
            Pekerjaan-pekerjaan diatas tidak menghasilkan barang,tetapi memberikan layanan kepada orang lain.Selain itu,mereka dibayar atas jasa atau layanan yang telah diberikan.
Kegiatan Pembelajaran 3
                  Ringkasan Materi
C.Jenis Peralatan yang Dibutuhkan Sesuai Jenis Pekerjaan
            Dalam bekerja,tentu membutuhkan alat untuk memudahkan pekerjaannya.Setiap pekerjaan membutuhkan peralatan yang berbeda-beda.Contohnya petani menggunakan cangkul untuk mengolah tanah,sedangkan nelayan menggunakan jala untuk menangkap ikan.
            Tahukah kamu alat yang digunakan dokter? Dokter membutuhkan stetoskop untuk memeriks denyut jantung pasiennya.Doktter juga memerlukantensimeter untuk mengetahui tekanan darah.Setelah memeriksa pasiennya kemudian dokter memberikan obat sesuai dengan penyakit yang diderita oleh pasien.
            Pegawai bank menggunakan computer untuk memasukkan data nasabahnya.Selain itu,pegawai bank juga menggunakan mesin penghitung uang untuk memudahkan menghitung uang dalam jumlah banyak.
            Guru menggunakan papan tulis untuk mengajar murid-muridnya.Guru menulis materi pelajaran yang sedang diajarkan dipapan tulis,sedangkan para murid menyalinnya dibuku tulis.
            Seorang tukang sampah menggunakan gerobak sampah.Gerobak sampah berguna untuk menampung sampah dari rumah-rumah penduduk.Selain itu,sampah dibawa ketempat penampungan sampah sementara.Daritempat penampungan sampah sementara,kemudian sampah akan dibawa ketempat pembuangan akhir dengan menggunakan truk.
            Dapatkah kalian menyebutkan jenis peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan jenis pekerjaan yang lain-lain?
D.Membuat Tabel Daftar Pekerjaan dan Hasil Pekerjaannya
            Supaya kalian lebih mudah mengingat jenis-jenis pekerjaan dan hasil pekerjaannya,perhatikan table daftar pekerjaan berikut.
1. Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
No.
Pekerjaan
Hasil Pekerjaan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Petani
Peternak
Tukang kayu
Penjahit
Nelayan
Pembuat batik
Pembuat sepatu
Pelukis
Arsitektur
Pengrajin gerabah
Beras,jagung,sayuran
Kambing,sapi,bebk,ayam,telur,madu
Meja,kursi,lemari
Baju,celana
Ikan,kerang,udang
Kain batik
Sepatu,sandal
Sketsa,lukisan
Sketsa,maket,bangunan
Vas,piring,gelas
2.Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa
No.
Pekerjaan
Hasil Pekerjaan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Dokter
Polisi
Guru
Tentara
Wartawan
Pilot
Tukang cukur
Badut/pelawak
Masinis
Pelayan took
memberikan layanan kesehatan
menjaga keamanan
memberikan ilmu
menjaga pertahanan Negara
mencari berita
menerbangkan pesawat
mencukur rambut
menghibur
menjalankan kereta api
melayani pembeli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar